Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Guru di Georgia Ubah Pesawat Jadi TK

Kompas.com - 31/10/2012, 02:24 WIB

TBILISI, KOMPAS.com — Kreativitas Gari Chapidze, seorang guru di kota Rustavi, Georgia, patut diacungi jempol. Dia mengubah kabin sebuah pesawat terbang menjadi sebuah taman kanak-kanak yang unik dan menyenangkan.

Gari membeli sebuah pesawat model Yakovlev Yak-42 dari maskapai penerbangan negeri itu, Georgia Airlines. Dia kemudian mengubah kabin pesawat tua yang masih berfungsi itu menjadi kelas-kelas lengkap dengan berbagai jenis permainan dan mainan anak-anak. Gari juga membiarkan semua peralatan di kokpit sehingga anak-anak bisa bermain di sana.

"Idenya adalah menciptakan sebuah taman kanak-kanak yang menyenangkan," kata Gari, pemimpin Insitut Hubungan Sosial Georgia-Ukraina, yang mengelola taman kanak-kanak itu.

"Terkadang anak-anak menghadapi kesulitan dalam beradaptasi di taman kanak-kanak, sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Kami ingin membantu mereka dengan menciptakan lingkungan yang menyenangkan," dia menambahkan.

Di dalam kokpit terdapat sekitar 1.500 tombol yang bisa dimainkan sekitar 15 murid taman kanak-kanak itu. Mereka bahkan sering berimajinasi menjadi pilot yang membawa pesawat itu mengangkasa.

Konsep ini ternyata manjur dan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Buktinya, para murid sekolah ini justru enggan meninggalkan sekolah dan pulang ke rumah.

"Anak-anak datang ke sekolah dengan gembira dan menangis saat jam pulang sekolah tiba. Mereka gembira di sini," kata Gari bangga.

Namun, biaya sekolah di taman kanak-kanak ini terbilang agak mahal. Sekolah ini menetapkan tarif 90 dollar AS atau hampir Rp 900.000 sebulan. Biaya ini dua kali lipat lebih mahal dari sekolah yang dikelola negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com