Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil Meledak di Damaskus

Kompas.com - 26/10/2012, 23:16 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah bom mobil meledak di ibu kota Suriah, Damaskus, Jumat (26/10/2012). Ledakan bom mobil ini semakin menodai kesepakatan gencatan senjata empat hari untuk menghormati hari raya Idul Adha.

Televisi pemerintah Suriah melaporkan lima orang tewas -termasuk anak-anak- dan lebih dari 30 orang mengalami luka-luka.

Padahal, sebelumnya kedua pihak yang bertikai sudah sepakat untuk menghentikan baku tembak sementara waktu. Kesepakatan ini, awalnya memberi harapan bahwa peluang untuk mengembalikan perdamaian di Suriah masih terbuka.

Namun, bom mobil ini dikhawatirkan menghancurkan semua upaya untuk mempertahankan gencatan senjata dan memulihkan perdamaian.

Sementara itu, aktivis kemanusiaan mengatakan sedikitnya 20 orang tewas dalam pertempuran sporadis yang terjadi di seantero Suriah. Jumlah korban tewas ini terbilang rendah dibandingkan hari-hari lain di Suriah.

Pertempuran juga terus terjadi sepanjang hari ini di dekat perbatasan Turki-Suriah, demikian laporan BBC.

Konflik politik Suriah pecah sejak Maret 2011 lalu. Hingga hari ini tidak ada angka pasti jumlah korban tewas di Suriah. Menurut para aktivis kemanusiaan, lebih dari 35.000 orang tewas dalam konflik ini. Sedangkan PBB memperkirakan korban jiwa sedikitnya 20.000 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com