Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lourdes Dibuka Kembali bagi Peziarah

Kompas.com - 22/10/2012, 23:45 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LOURDES, KOMPAS.com — Kota pegunungan di barat daya Perancis yang juga menjadi tempat ziarah Katolik terkenal, Lourdes, Senin (22/10/2012) ini kembali dibuka bagi para peziarah.

Kota yang dikunjungi jutaan peziarah Katolik dari seluruh dunia ini ditutup selama dua hari sejak Sabtu karena diterjang banjir.

Hujan selama beberapa hari di kawasan itu membuat sungai Gave de Pau yang melintasi Lourdes meluap dan ketinggian air mencapai sekitar satu meter di depan grotto pada hari Sabtu pagi. Akibatnya, para peziarah yang ada diungsikan dan lokasi ziarah ditutup.

Petugas kebersihan hari Senin terus bekerja untuk membersihkan lumpur setebal 20 sentimeter di depan grotto. Para peziarah dari Kanada, Jepang, dan Filipina dilaporkan berada di Lourdes untuk berzaiarah, dan mereka bersedia menunggu sampai Selasa ini.

Lourdes menjadi tempat ziarah terkemuka bagi umat Katolik dunia karena di sana Bunda Maria menampakkan diri kepada gadis penggembala Bernadette Soubirous pada tahun 1858. Sejak itu, setiap tahun jutaan peziarah datang ke tempat itu untuk memohon dan berdoa.

Banjir terburuk yang melanda Lourdes selama 25 tahun ini diperkirakan menimbulkan kerugian ratusan ribu euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com