Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enaknya Jadi Penulis di Korea

Kompas.com - 24/09/2012, 18:39 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Betapa enaknya menjadi penulis di Korea Selatan. Pemerintah menaruh perhatian serius kepada para penulis, memberikan fasilitas yang nyaman dan dana bagi mereka.

Pemerintah Korsel membuka kesempatan kepada  penulis pemula, berkompetisi membuat karya terbaik yang diumumkan melalui media elektronik maupun cetak.

Bagi pemenang, pemerintah menyediakan dana 450 juta won untuk 20 orang penulis terseleksi. Mereka yang lolos menerima fasilitas berupa kamar sekelas hotel dan alat kerja. Mereka yang karyanya terpilih menjadi karya terbaik, masih mendapat dana lagi senilai 500 juta won untuk biaya produksi pembuatan film atau drama.

"Senang sekali bisa bekerja di sini. Saya belum begitu terkenal, saya sedang membuat karya semoga bisa bagus nanti," kata Jong-Il Kim, penulis yang mendapat fasilitas di Korea Creative Content Agency (Kocca) atau Badan Produk Kreatif Korea, saat ditemui wartawan Kompas, Andy Riza Hidayat di Seoul, Korsel, Senin (24/9/2012) ini.

Tempat bekerja para penulis ada di lantai 13 gedung Kocca. Mereka bisa tahan sampai 24 jam di tempat itu, karena semua kebutuhan tercukupi.

Hal ini yang membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, kagum saat mengunjungi kantor Kocca. Tidak hanya bagi penulis, kantor ini juga menjadi tempat berkarya para pembuat animasi, game, dan desainer. Lembaga itu benar-benar menjadi perangsang bangkitnya industri Kreatif di Korea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com