Universitas Canberra Beri Dana untuk Diskusi Mahasiswa Indonesia - Kompas.com

Universitas Canberra Beri Dana untuk Diskusi Mahasiswa Indonesia

Kompas.com - 20/09/2012, 10:03 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Guna membantu diskusi yang dilakukan para mahasiswa tingkat doktoral, Universitas Canberra, Australia, menyediakan dana 2.000 dollar AS setiap tahunnya bagi para mahasiswa Indonesia yang studi di sana.

Di universitas tersebut telah didirikan sebuah forum bernama Forum Indonesia, dan dengan mahasiswa tingkat doktoral asal Indonesia yang berjumlah hampir 20 persen. Universitas Canberra mendukung kegiatan tersebut sepenuhnya.

Menurut Ketua Forum Indonesia, Ratih Maria Dhewi, kepada koresponden Kompas di Australia L Sastra Wijaya, para mahasiswa Indonesia di Australia semakin sadar bahwa mereka perlu untuk mengkaji berbagai masalah yang relevan dengan Indonesia, selagi mereka menuntut ilmu di luar negeri.

"Saya yakin bahwa setiap dari kita adalah bagian kepingan dari sebuah keutuhan kemajuan tanah air, melalui kontribusi perannya masing-masing. Oleh karena itu, saya berharap, sinergi dalam forum ini dapat memberikan kontribusi pemikiran yang konstruktif berdasarkan data dan kualitas hasil penelitian," jelas Ratih, yang juga PhD student bidang Human Resource Management pada Universitas Canberra.

Menurut Ratih, Forum Indonesia diadakan untuk juga memberikan wadah guna menggalang pemikiran berbasis riset masing-masing mahasiswa.

"Hal ini sejalan dengan berkembangnya jumlah mahasiswa Tanah Air di berbagai universitas di Australia. Kegiatan Forum Indonesia ini juga seiring dengan gerakan membangun sinergi Indonesia dari mahasiswa berbagai universitas di Canberra, seperti Australian National University, University of Canberra, dan University of New South Wales at Australian Defence Force Academy," kata Adi, kandidat doktor dari University of Canberra.

Selama tahun 2012, Forum Indonesia telah membahas isu dan tema kebijakan fiskal, reformasi birokrasi, etika manajemen dan upaya pemberantasan korupsi di lembaga publik, prospek dan tantangan demokrasi, serta desentralisasi, hingga isu biomedical, dan biosecurity di Indonesia. 

Ke depan, Forum Indonesia telah menyiapkan beberapa topik seperti reformasi sistem perpajakan, peningkatan perfomansi usaha kecil dan menengah di Indonesia, serta reformasi di lembaga legislatif.


EditorAgus Mulyadi
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X