Jumat, 21 November 2014

News / Internasional

Pesawat Ulang-alik Endeavour "Terbang" ke Museum

Rabu, 19 September 2012 | 22:54 WIB

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com — Pesawat ulang-alik luar angkasa AS, Endeavour, Rabu (19/9/2012) pagi, terbang untuk perjalanan terakhirnya yang berakhir di museum di California.

Endeavour akan terbang melintasi Amerika Serikat, yakni dari Florida ke California, dan seperti biasa pesawat ulang-alik ini dibonceng di atas sebuah Boeing 747 yang dirancang khusus untuk itu.

Kantor berita AFP melaporkan, perjalanan terakhir Endeavour ini terlambat beberapa menit dari jadwal pukul 07.15 waktu setempat. Perjalanan membawa Endeavour ini sebelumnya sudah tertunda dua kali karena gangguan cuaca.

Pesawat ulang-alik Endeavour selama dua dekade bertugas telah terbang sejauh 185 juta kilometer dari Bumi ke luar angkasa. Misi terakhir Endeavour pada tahun lalu.

Pesawat pengangkut Boeing 747 dengan Endeavour di punggungnya sempat melakukan terbang lintas di atas area peluncuran di Florida sebelum terbang ke barat ke California. Pesawat ini juga dijadwalkan terbang lintas di sejumlah kawasan, seperti Stennis Space Center di Mississippi dan sebuah pabrik di Louisiana, di mana sejumlah bagian dari pesawat ulang-alik ini dibuat.

Pesawat Boeing 747 dan Endeavour juga akan singgah semalam di Johnson Space Center di Houston sebelum menuju California awal hari Kamis. Pesawat ini juga akan terbang lintas di atas California pada hari Jumat sebelum mendarat di Los Angeles.

Setelah melewati beberapa pekan di hanggar maskapai penerbangan United Airlines, pesawat Endeavour akan dibawa ke California Space Center untuk dipajang di sana pada 30 Oktober, menjadi sebuah museum program luar angkasa AS.

Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengakhiri 30 tahun program pesawat ulang-alik tahun lalu. Sejak itu, sejumlah kota besar di AS bertarung untuk menjadi lokasi pajangan bagi pesawat-pesawat luar angkasa ini.

Pesawat ulang-alik Enterprise, sebuah prototipe pesawat ini yang tak pernah beroperasi, kini dipajang permanen di landasan dari kapal induk Intrepid yang juga menjadi museum di New York.

Sementara Kennedy Space Center tetap mempertahankan pesawat ulang-alik Atlantis. Adapun pesawat ulang-alik Discovery kini dipajang di sebuah museum di luar Washington DC.

Dua pesawat lainnya hancur dalam musibah saat melakukan misinya. Pesawat ulang-alik Challenger meledak beberapa detik setelah meluncur tahun 1986. Sementara pesawat ulang-alik Columbia hancur berkeping-keping saat memasuki orbit Bumi tahun 2003. Bencana ini membunuh semua astronot di dalamnya. Adapun Endeavour dibuat untuk menggantikan Challenger.


Penulis: Pieter P Gero
Editor : Robert Adhi Ksp