Rabu, 17 September 2014

News / Nasional

HMI Kecam Pembuatan Film Innocence of Muslims

Sabtu, 15 September 2012 | 21:34 WIB

Terkait

PALEMBANG, KOMPAS.com -- Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam mengecam pembuatan film Innocence of Muslims, yang dinilai melecehkan Islam. Mereka meminta agar Pemerintah Amerika Serikat segera menangkap pelaku di balik pembuatan film kontroversial tersebut.

Aksi protes terkait film ini mulai bermunculan di Sumatera Selatan. Pernyataan tersebut dibacakan langsung di depan Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) Kristen Bauer dalam Silaturahmi Nasional (Silatnas) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) se-Indonesia di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (15/9/2012).

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI Noer Fajriaeansyah mengatakan, penangkapan produser dan sutradara film tersebut mendesak guna mencegah meluasnya protes di berbagai negara. Saat ini, protes-protes tersebut telah berujung kerusuhan yang memakan korban jiwa. "Film itu telah meresahkan umat Islam dan mengancam perdamaian dunia," katanya.

Dalam pernyataaan sikap tersebut PB HMI mengecam pembuatan film. PB HMI juga meminta pemerintah AS menjalin hubungan kerja sama yang baik yang dilandaskan penghargaan dan penghormatan pada perbedaan agama. Pemerintah AS diminta tak bertindak represif dalam menyikapi protes oleh kaum muslim tersebut.

Menurut Noer, pembacaan pernyataan sikap langsung di hadapan Wakil Duta Besar AS diharap dapat mempercepat penyampaian kepada Pemerintah AS. Lebih jauh, Noer berharap agar protes di dalam negeri terhadap film tersebut dilakukan dengan damai dan tertib tanpa perlu berujung kerusuhan.


Penulis: Irene Sarwindaningrum
Editor : Nasru Alam Aziz