Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2012, 10:04 WIB

ADEN, KOMPAS.com - Seorang pengebom bunuh diri Al Qaeda menewaskan seorang kepala suku terkemuka propemerintah dan sedikitnya 45 lainnya di satu pemakaman di Provinsi Abyan, Yaman selatan, kata Departemen Pertahanan, Minggu (5/8/2012).

Pengebom bunuh diri Al Qaeda meledakkan bahan peledak di pinggangnya di antara para tamu pemakaman di kota Jaar di Provinsi Abyan malam Sabtu (4/8/2012) malam, kata Kementerian Pertahanan negara itu dalam satu pernyataan singkat yang disiarkan di situs webnya.

"Laporan terakhir yang datang dari Provinsi Abyan menunjukkan bahwa sedikitnya 46 orang tewas dan sekitar 48 lainnya luka-luka, beberapa di antaranya dalam kondisi kritis," kata pernyataan itu.

Seorang kepala suku lokal propemerintah merupakan salah satu korban tewas pengeboman di acara pemakaman yang dihadiri oleh milisi anti-Al Qaeda dan tokoh-tokoh masyarakat, kata pernyataan tersebut menambahkan.

Al Qaeda mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan itu di dalam satu pernyataan email yang diperoleh Xinhua, Minggu.

"Salah satu prajurit kami melakukan operasi jihad yang sukses di satu kompleks di kota Jaar," kata pernyataan itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Al Qaeda juga mengancam akan melancarkan serangan lebih lanjut pada para pejabat keamanan dan pangkalan militer di seluruh negeri itu.

Warga setempat yang tak bersedia menyebut namanya mengatakan kepada Xinhua, bahwa "penyerang Al Qaeda tampaknya menyamar sebagai tamu dan meledakkan dirinya di pintu masuk aula, di mana kepala suku terkemuka menyambut para tamu di pemakaman di kota Jaar."

Didukung oleh Amerika Serikat, pemerintah Yaman melancarkan serangan intensif selama sebulan pada Mei terhadap ratusan gerilyawan Al Qaeda, dan menghalau mereka dari benteng mereka yang dikendalikan selama hampir setahun.

Memerangi Al Qaeda di selatan yang bergolak adalah salah satu tantangan yang dihadapi Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang telah berjanji untuk memulihkan keamanan dan mencabut cabang Al Qaeda di negara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com