Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tubuh Mubarak Sudah Tergantung Alat Medis

Kompas.com - 20/06/2012, 19:53 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak (84) dilaporkan koma dan tubuhnya sudah bergantung sepenuhnya pada alat-alat medis setelah terserang stroke pada Selasa (19/6/2012) malam.

"Keadaan Mubarak gawat dan bergantung pada alat kesehatan," kata sumber rumah sakit tentara di Maadi, Kairo, dikutip kantor berita Mesir, MENA, Rabu ini.

Ketika ditanya apakah jika alat tersebut dicabut hidup Mubarak bisa berakhir, dokter yang enggan disebut namanya itu menolak menjelaskan lebih rinci.

Namun, ia memastikan bahwa jantung Mubarak sejenak berhenti berdenyut saat di Penjara Tora sehingga harus dipindahkan ke rumah sakit dengan peralatan medis lebih lengkap.

Beberapa situs media online mengabarkan Mubarak meninggal, tetapi dibantah pengacara Mubarak, Farid Al Deeb. Pengacara Mubarak menyalahkan pihak berwenang atas kekurangan peralatan medis di rumah sakit penjara Tora di pinggiran kota Kairo, tempat Mubarak ditahan.

Mantan orang nomor satu Mesir yang digulingkan dalam revolusi pada 11 Februari 2011 itu dipindahkan dari rumah sakit penjara Tora ke rumah sakit tentara di Maadi pada Selasa malam karena keadaannya memburuk.

Sejak divonis penjara seumur hidup pada 2 Juni, Mubarak ditempatkan di rumah sakit penjara Tora bersama dua putranya, Gamal dan Alaa. Mubarak dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas dakwaan pembunuhan 850 pengunjuk rasa pada revolusi awal tahun lalu.

Gamal dan Ala Mubarak dalam pengadilan sama dibebaskan dari dakwaan pembunuhan pengunjuk rasa, tetapi tetap ditahan atas tuduhan korupsi menyangkut perkara permainan fiktif saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com