Kamis, 27 November 2014

News / Internasional

Pesawat Parkir Terangkat Angin Kencang

Sabtu, 26 Mei 2012 | 20:36 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sebuah rekaman video, yang sulit dipercaya, memperlihatkan momen saat angin kencang membuat sebuah pesawat jumbo jet yang sedang diam terangkat ke udara di tempat parkir pesawat rusak di California, AS.

Video itu, diambil Rabu (23/5/2012) dan diposting di YouTube, menunjukkan hasil yang luar biasa ketika angin berkecepatan lebih dari 70 mil per jam menerpa pesawat berat itu, yang sedang parkir.

Biasanya, saat lepas landas, pesawat terbang ke udara, dan pergerakan udara di sayap mengangkat pesawat ke langit. Namun video itu menunjukkan bagaimana sebuah pesawat yang sedang diam di tempat parkir dapat terangkat, jika angin cukup kuat.

Hidung pesawat jet Southern Air itu, yang tengah diparkir di lapangan di Mojave, di luar Los Angeles, terangkat hingga beberapa meter ke udara. Angin membuat bagian depan pesawat terpental-pental sementara roda belakang tetap berada di tempat.

Pada keesokan harinya, pesawat itu ditemukan berpindah sekitar 45 derajat dari posisi semula.

Angin kecang yang sama telah merusak banyak atap rumah, memutuskan aliran listrik, dan menimbulkan awan pasir dan debu yang mengepul ke langit.

Menurut Gadling.com, pesawat Southern Air jenis 747 yang tampak dalam rekaman itu dijadwalkan akan dibongkar. Jadi mesin-mesin dan sebagian besar interiornya telah dicopot dari kerangka pesawat.

Karena beban yang telah berkurang itulah maka pesawat tersebut dapat terangkat dari tanah saat diterpa angin.


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: