Rabu, 23 Juli 2014

News / Internasional

Perdamaian

China Terima Tokoh-tokoh Krisis Suriah

Jumat, 4 Mei 2012 | 21:07 WIB

Berita terkait

KOMPAS.com - Kepala Liga Arab, yang telah memainkan peran kunci dalam menengahi krisis Suriah, Jumat (4/5/2012) tiba  di China  untuk melakukan pembahasan  dengan para pejabat tinggi, kata kementerian luar negeri China.
   
Nabil al-Arabi tiba di pusat komersial Shanghai dan akan melakukan perjalanan ke Beijing pada  Senin untuk bertemu dengan para pejabat China, termasuk Menteri Luar Negeri Yang Jiechi, kata seorang juru bicara sebagaimana warta Xinhua.
   
"Kedua belah pihak akan melakukan pertukaran pandangan secara mendalam  mengenai permasalahan Suriah," kata juru bicara kementerian luar negeri Liu Weimin.
   
China pada Minggu juga akan menjadi tuan rumah bagi pemimpin oposisi Suriah  Burhan Ghalioun, yang akan bertemu dengan para pejabat kementerian luar negeri, kata Liu.
   
Beijing secara tradisional mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad, tetapi Liu mengatakan, China juga telah melakukan kontak dengan pihak oposisi di negara itu. "China siap untuk terus memainkan peran positif dan konstruktif untuk resolusi damai adil dan tepat bagi masalah Suriah sejak awal," katanya.
   
China dan Rusia keduanya mendapat kritik internasional pada awal tahun ini karena memveto dua resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai krisis Suriah. Kedua negara sejak itu mendukung utusan PBB-Liga Arab Kofi Annan yang berupaya untuk membawa perdamaian ke Suriah dalam bentuk proposal enam pasal yang disepakati oleh Damaskus yang mencakup gencatan senjata dan penarikan pasukan.
   
Pekan lalu, Arabi menuntut penyebaran lebih cepat para  pengamat PBB di Suriah untuk memantau gencatan senjata yang rapuh.
   
China mengatakan bulan lalu pihaknya mempertimbangkan akan mengirim pengamat sebagai bagian dari prakarsa PBB.
 
 
 

Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus