Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Mengenang 100 Tahun Titanic

Kompas.com - 15/04/2012, 02:38 WIB

LONDON, SABTU - Sejumlah acara peringatan seabad tenggelamnya kapal penumpang RMS Titanic digelar hari ini, Minggu (15/4), di berbagai belahan dunia. Acara peringatan, mulai dari kebaktian gereja sampai pameran, digelar bahkan di beberapa tempat yang tak terkait dengan kapal tersebut.

Dua kapal pesiar bergerak menuju titik tenggelamnya Titanic di Samudra Atlantik utara untuk menggelar peringatan detik-detik terakhir kapal tersebut. Satu kapal, Balmoral, berangkat dari pelabuhan Southampton, Inggris, Minggu pekan lalu, untuk menapak tilas jejak Titanic.

Sementara satu kapal lagi, Journey, berangkat dari New York, Amerika Serikat, Selasa lalu, dan dijadwalkan bertemu dengan Balmoral di titik tenggelamnya Titanic, sekitar 640 kilometer sebelah tenggara Newfoundland.

Titanic tenggelam di tengah pelayaran perdananya dari Southampton menuju New York pada 15 April 1912 pukul 02.20 waktu setempat atau sekitar 2,5 jam setelah menabrak gunung es di perairan tersebut. Lebih dari 1.500 penumpang tewas dalam tragedi itu.

Balmoral, yang mengangkut 1.309 penumpang, merencanakan menggelar dua upacara peringatan. Upacara pertama digelar Sabtu pukul 23.40 untuk memperingati saat Titanic menabrak gunung es.

Upacara kedua dilangsungkan Minggu pukul 02.20 untuk memperingati detik-detik tenggelamnya kapal. Seorang pendeta akan memimpin doa bersama dan sebuah band memainkan himne ”Nearer, My God, To Thee”, yakni lagu yang dimainkan band asli Titanic saat kapal itu perlahan-lahan ditelan Samudra Atlantik, 100 tahun silam.

”Upacara itu akan membawa pemulihan dan mungkin akan memberi semacam penutup (bagi tragedi Titanic), tetapi saya juga berpikir, upacara ini akan memberi harapan,” tutur Pendeta Huw Mosford yang akan memimpin upacara.

Makna khusus

Di Belfast, Irlandia Utara, tempat Titanic dibuat di galangan kapal Harland and Wolff seabad lampau, ribuan orang akan menghadiri kebaktian dukacita di Katedral Anglikan St Anne. Setelah itu, sebuah konser musik pop akan digelar di dekat museum Titanic Belfast—museum baru yang mengisahkan proses pembuatan Titanic.

Bagi warga Belfast, momen peringatan 100 tahun tenggelamnya Titanic ini memiliki makna tersendiri, yakni sebagai simbol harapan baru di negeri yang dilanda konflik sektarian selama puluhan tahun.

Sebelum ini, Titanic menjadi sesuatu yang tabu dibicarakan di Belfast karena mengingatkan pada kegagalan dunia industri dan masa suram konflik sektarian. Namun, kini Titanic justru dilihat sebagai penanda puncak kejayaan industri di Irlandia Utara dan museum baru tersebut diharapkan akan menarik minat turis.

”Bangunan (museum) ini akan dipakai untuk menulis sejarah baru, sejarah yang lebih baik,” ujar Deputi Menteri Besar Irlandia Utara Martin McGuinness.

Berbagai acara peringatan juga akan digelar di kota-kota yang tak memiliki kaitan langsung dengan Titanic, seperti Las Vegas, San Diego, Houston, bahkan Singapura. Di kota-kota itu digelar pameran berbagai artefak yang diambil langsung dari bangkai Titanic. (AP/Reuters/AFP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com