Rabu, 23 Juli 2014

News / Internasional

Kapal Pesiar

Napak Tilas Perjalanan Titanic

Senin, 9 April 2012 | 00:06 WIB

LONDON, KOMPAS.com- Sebuah kapal pesiar yang membawa sejumlah penumpang, termasuk sanak keluarga dari para korban tenggelamnya kapal pesiar mewah Titanic, Minggu (8/4/2012), meninggalkan Pelabuhan Southampton di Inggris bagian selatan. Kapal itu akan memulai perjalanan napak tilas Titanic yang tenggelam hamper 100 tahun lalu.

Perjalanan ini bagian dari peringatan 100 tahun tenggelamnya Titanic pada 15 April 1912 di Samudera Atlantik. Perjalanan napak tilas di atas Titanic Memorial Cruise, sebagaimana dilaporkan kantor AFP, membawa 1.309 penumpang.

Sebanyak 1.309 penumpang lain berada di atas kapal White Star yang juga melakukan perjalanan napak tilas. Penumpang lainnya ikut dalam kapal MS Balmoral, bahkan dengan mengenakan kostum Edwardian, juga sebagai penumpang kelas satu, dan lainnya seperti layakya penumpang dan awak kapal Titanic.

Bagian dari perjalanan napak tilas selama 12 hari ini juga akan ditandai dengan berhenti sejenak di lokasi tenggelamnya Titanic di Samudera Atlantik bagian utara. Kapal pesiar yang sedang melakukan perjalanan perdana dari Inggris ke New York, AS ini tenggelam setelah menghantam gunung es.

Dalam perjalanan memorial ini juga akan digelar upacara peringatan bagi para korban yang tewas. Sekitar 1.514 penumpang Titanic tewas saat itu. "Saya masih tetap tidak percaya apa yang terjadi pada malam itu," ujar Jane Allen, yang ikut dalam perjalanan memorial itu bersama suaminya Frank.

Jane ikut berlayar karena paman dan bibinya ikut sebagai penumpang Titanic. Padahal, paman dan bibinya lagi dalam perjalanan bulan madu ketika itu. Sang bibi selamat namun pamannya tewas karena tetap berada di Titanic.

Sekitar 50 penumpang pada perjalanan memorial ini punya hubungan keluarga dengan para korban Titanic hampir 100 tahun lalu. Ada juga penumpang yang ikut karena menjadi penggemar berat kisah Titanic sejak kecil.

Para penumpang perjalanan datang dari 28 negara. Mereka harus mengeluarkan biaya antara 2.799 poundterling sampai 5.995 poundsterling (sekitar Rp 40 juta sampai Rp 85 juta.


Penulis: Pieter P Gero
Editor : Marcus Suprihadi