Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di Spanyol Kumpulkan Dana dari Kebun Ganja

Kompas.com - 01/03/2012, 21:43 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Mengumpulkan uang dari penjualan ganja di Spanyol mungkin relatif mudah. Hal ini yang mendorong dewan kota sepakat menyewakan tanah di kota itu, untuk perkebunan atau ditanam ganja. Penyewaan tanah dilakukan, sebagai sumber pemasukan kas kota itu yang memprihatinkan.

Kota Rasquera, dengan populasi 900 orang terletak di wilayah Catalonia, Spanyol timurlaut. Sebagaimana diberitakan kantor berita AP, Kamis (1/3/2012), pihak walikota Rasquera akan melakukan penyewaan tanah untuk ditanamkan ganja tadi.

Dewan kota menyetujui rencana itu dengan perbandingan suara 4 setuju lawan 3 suara menolak. Pemunguntan suara dilakukan Rabu malam waktu setempat.

Ide untuk menyewakan lahan untuk perkebunan ganja ini, antara lain untuk bisa menghimpun dana bagia perbaikan sarana umum di kota. Dewan kota berniat membentuk sebuah perusahan yang akan mengatur tanah yang akan disewakan tersebut. Kemungkinan tanah akan ditawarkan kepada Asosiasi Pengisap Ganja yang ada di Barcelona.

Namun begitu ide ini muncul, pejabat pemerintah pada Badan Obat-obatan Nasional Spanyol menegaskan, rencana menanam ganja itu ilegal. Petugas akan segera campur tangan, pada saat bibit ganja ditanam di lahan yang ada.

Berdasarkan UU Spanyol, mengonsumsi ganja secara pribadi dalam jumlah kecil masih diperbolehkan. "Namun menanamnya untuk diperjualbelikan adalah ilegal," ujar seorang pejabat anti-obat-obatan yang tak bersedia disebutkan identitasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com