Selasa, 21 Oktober 2014

News / Internasional

Manuver Militer

Kapal Perang Rusia Diharapkan Tiba di Suriah Hari Ini

Sabtu, 7 Januari 2012 | 22:12 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Dua kapal perang Rusia, yakni kapal perusak Admiral Chabanenko dan fregat Yaroslav Mudry, diharapkan tiba di fasilitas perawatan AL Rusia di pelabuhan Tartus, Suriah, Sabtu (7/1/2012). Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi apakah kapal-kapal tersebut sudah memasuki wilayah Suriah.

Kantor berita ITAR-TASS mengabarkan rencana kedatangan kapal tersebut, Jumat (6/1/2012), setelah mengutip seorang pejabat staf jenderal AL Rusia. Pejabat, yang tak disebutkan namanya, itu, juga mengatakan, dua kapal tersebut akan bersandar selama beberapa hari di Tartus.

Dua kapal itu adalah bagian dari gugus tugas AL Rusia yang dipimpin kapal induk Admiral Kuznetsov. Saat ini, konvoi kapal perang Rusia itu dikabarkan sudah tiba di Laut Tengah, untuk melaksanakan latihan rutin setelah sempat terjebak badai selama beberapa hari di dekat perairan Inggris. Namun, kapal induk itu sendiri disebutkan tidak akan mengunjungi pelabuhan mana pun.

Meski dinyatakan secara resmi sebagai misi latihan rutin, pengiriman kapal-kapal perang andalan Rusia ini diduga merupakan bentuk dukungan Rusia terhadap rezim Presiden Bashar Al-Assad di Suriah, yang sedang menghadapi tekanan dunia internasional terkait penggunaan kekerasan mematikan untuk membubarkan demonstran. (Reuters/DHF)


Penulis: Dahono Fitrianto
Editor : Agus Mulyadi