Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joseph P Kennedy III Teruskan Dinasti Politik Kennedy di AS

Kompas.com - 06/01/2012, 07:17 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Joseph P. Kennedy III, jaksa Massachusetts berusia 31 tahun, akan maju dalam pemilihan Kongres, dalam upaya menghidupkan kembali dinasti keluarga paling terkenal di dunia politik Amerika.

Joseph P Kennedy III adalah putra mantan anggota DPR Joseph P Kennedy II dan cucu Robert F Kennedy yang tewas dibunuh. Ia adalah asisten jaksa wilayah di Middlesex.  Menurut situs kantor kejaksaan, Joseph menguasai Bahasa Spanyol dengan fasih, menyelesaikan pendidikan dari Stanford University dan Harvard Law School.

Laporan The Boston Globe dan Rhode Island Radio mengutip sumber-sumber keluarga dan Partai Demokrat Kamis (5/1/2012) menyebutkan, Kennedy saat ini dalam tahap akhir mempersiapkan pemilihan Kongres dengan harapan menggantikan anggota Demokrat Barney Frank.

Sejumlah laporan media menyebutkan, Joseph P Kennedy membuka komite eksplorasi, sebuah langkah hukum yang memungkinkan dia menggalang dana kampanye, dan mempersiapkan dirinya berhenti dari pekerjaannya.

Kongres Amerika Serikat (United States Congress) adalah cabang legislatif dari pemerintahan federal Amerika Serikat. Sistem yang dianut adalah sistem dua kamar atau bikameral, terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat.

Haruskah Kennedy memenangkan kursi di DPR dan keluarga Kennedy kembali ke pentas politik nasional Amerika sejak Patrick Kennedy - putra mendiang Edward Kennedy - meninggalkan jabatannya tahun lalu?

Sejumlah anggota klan politik Kennedy mengabdi pada Washington sejak John F Kennedy (JFK) menjabat Senator Massachusetts (1953-1960), sebelum terpilih menjadi Presiden ke-35 Amerika Serikat pada 20 Januari 1961 dan kemudian terbunuh pada 22 November 1963.

Adik JFK adalah Robert Francis "Bobby" Kennedy (lahir di Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat, 20 November 1925), yang ditunjuk kakaknya menjadi Jaksa Agung dalam pemerintahannya. Sebagai salah satu penasihat Presiden Kennedy, Robert bekerja erat dengan JFK selama Invasi Teluk Babi dan Krisis Misil Kuba.

Pada 1964, setelah kematian kakaknya, Robert Kennedy dipilih menjadi Senator New York. Ia dibunuh 6 Juni 1968, tidak lama setelah berpidato merayakan kemenangannya dalam pemilihan pendahuluan kepresidenan 1968 di California di depan Hotel Ambassador di Los Angeles, California pada usia 42 tahun.

Salah satu klan Kennedy yang juga terkenal adalah Edward Moore "Ted" Kennedy (lahir 22 Februari 1932), Senator Massachusetts sejak 1962. Ia anak bungsu pasangan Joseph Patrick Kennedy, Sr. dan Rose Fitzgerald Kennedy. Edward adalah adik John F. Kennedy, Presiden Amerika Serikat dan Robert F. Kennedy, keduanya tewas dalam pembunuhan politik. Edward Kennedy meninggal dunia akibat kanker pada 25 Agustus 2009 pada usia 77 tahun. (AFP/CNA/Wikipedia/KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com