Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Mata-mata Perancis Diluncurkan dengan Roket Rusia

Kompas.com - 17/12/2011, 23:04 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

KOUROU, KOMPAS.com- Roket Soyuz ST-A milik Rusia sukses mengantarkan enam satelit ke orbit, Sabtu (17/12/2011). Lima dari enam satelit tersebut adalah satelit mata-mata milik Perancis.

Soyuz diluncurkan dari pusat peluncuran ruang angkasa Eropa di Kourou, Guyana Perancis, Sabtu pukul 02.03 GMT atau 09.03 WIB. Ini adalah untuk kedua kalinya Soyuz diluncurkan dari pusat luar angkasa milik Badan Antariksa Eropa (ESA) itu, setelah pada Oktober lalu roket veteran ini berhasil membawa dua satelit navigasi Galileo milik Eropa ke orbit.

Lima satelit mata-mata Perancis yang diangkut Soyuz itu adalah empat satelit Elisa yang membawa radar pendeteksi gelombang mikro, dan satu satelit Pleiades 1, satelit pembawa detektor optik resolusi tinggi. Selain digunakan untuk keperluan pengintaian militer, citra yang didapatkan satelit ini juga akan dimanfaatkan untuk keperluan sipil di Perancis.

Satu lagi satelit yang dibawa Soyus hari ini adalah SSoT, satelit pemantau permukaan bumi milik angkatan bersenjata Cile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com