Selasa, 29 Juli 2014

News / Internasional

Sengketa Perbatasan

Konflik Jangan Dibawa ke Internasional

Sabtu, 7 Mei 2011 | 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya mengatakan, pemerintah Thailand meminta pemerintah Kamboja tak membawa-bawa konflik perbatasan ke tingkat internasional. Piromya mengatakan, selama ini, Kamboja selalu membawa-bawa kasus ini ke pengadilan tingkat dunia.

"Kamboja cenderung menginternasionalisasi kasus ini. Para pimpinan ASEAN telah mengatakan pada hari ini bahwa kita harus menjaga agar konflik ini tak keluar dari ASEAN, dan perlu diselesaikan melalui mekanisme bilateral yang ada dan di bawah dukungan ASEAN melalui keketuaan Indonesia di ASEAN," kata Kasit kepada para wartawan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi ke-18 ASEAN di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (7/5/2011).

Kasit mengatakan, Thailand selalu berupaya menyelesaikan kasus ini secara damai. "Kami selalu menjadi pihak yang menawarkan negosiasi bilateral di tingkat menteri pertahanan," kata Kasit.

Ditambahkan, pemerintah Thailand siap berunding kapan pun dengan pemerintah Kamboja. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Kamboja Hor Namhong meminta semua pihak tak saling menyalahkan terkait konflik di perbatasan. Pemerintah Kamboja juga berkomitmen menyelesaikan konflik perbatasan tersebut.


Editor : Pepih Nugraha