Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chihuahua Jadi Anjing Polisi Jepang

Kompas.com - 22/11/2010, 12:05 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Seekor anjing chihuahua berambut panjang bernama "Momo" lulus ujian untuk menjadi anjing polisi di Jepang.

Si Momo yang berwarna coklat-putih itu merupakan salah satu dari 32 kandidat yang berhasil dari 70 ekor anjing yang melewati tes pencarian dan penyelamatan dengan menemukan orang dalam waktu lima menit setelah hanya mengendus topi mereka. "Setiap jenis anjing dapat menjadi anjing polisi di divisi pencarian dan penyelamatan," kata seorang juru bicara polisi dari Prefektur Nara di Jepang barat, sebagaimana dikutip Telegraph, Sabtu (20/11).

Namun juru bicara mengakui bahwa berita tentang anjing chihuahua menjadi anjing polisi mungkin masih mengejutkan bagi banyak orang. "Itu sangat tidak biasa," katanya.

Tayangan televisi menunjukkan Momo yang berusia tujuh tahun itu berlari melintasi lapangan rumput atau duduk dengan bangga, bulu panjangnya terlihat tertiup angin.

Momo akan digunakan untuk operasi penyelamatan jika terjadi bencana seperti gempa bumi, dengan harapan bahwa anjing itu mungkin dapat meloloskan tubuh mungilnya ke tempat-tempat yang terlalu sempit bagi lebih jenis anjing penyelamatan biasa, yang cenderung merupakan anjing gembala Jerman (German shepherds) yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com