Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Siapkan Tim 'Susu Luar Biasa'

Kompas.com - 12/08/2010, 17:05 WIB

KOMPAS.com — Kejadiannya di Provinsi Hubei, belum lama berselang. Tepatnya, awal bulan ini.

Para dokter dan orangtua di provinsi itu menyampaikan laporan mereka soal susu formula buatan Synutra International. Catatan Xinhua pada Kamis (12/8/2010) menunjukkan, sedikitnya tiga bayi perempuan yang mengonsumsi susu itu mengalami pertumbuhan luar biasa. "Mereka mengalami pubertas lebih dini. Payudara mereka cepat tumbuh," begitu kata para narasumber.

Keruan saja, informasi itu membuat otoritas China bergerak cepat. Juru Bicara Kementerian Kesehatan China, Deng Haihua, mengatakan bahwa pihaknya segera melakukan tes terhadap produk tersebut.

Pihak berwenang juga sudah menetapkan tim berisi sembilan pakar, mulai dari ahli endokrin, pediatri, dan pengamanan pangan, untuk menyelidiki kasus ini. "Ini memang terkait dengan susu tersebut," imbuh Haihua.

China sempat diharu biru soal kasus susu bermelamin pada 2008. Kejahatan menambahkan melamin ke dalam kandungan susu demi mempercepat pengayaan protein itu justru membuat 300.000 anak jatuh sakit. Kejadian itu juga menewaskan enam bocah. Melamin sebagai zat kimia pabrik memang tidak diperkenankan secara internasional untuk digunakan sebagai bagian dari produk makanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com