Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pertahanan AS Tiba di Jakarta

Kompas.com - 22/07/2010, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Robert Gates, tiba di Jakarta, Kamis (22/7), untuk membahas kemungkinan berlanjutnya hubungan militer dengan Kopassus.

Gates, yang datang dari Seoul, akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Kamis malam ini. Kepala pertahanan AS itu diperkirakan akan membahas kemungkinan untuk melanjutkan pelatihan bagi sebuah unit elite militer Indonesia sebagai bagian dari kerja sama yang meningkat terus dalam bidang kontra-pemberontakan dan intelijen dengan Jakarta.

Namun langkah itu akan menjadi kontroversial karena unit Kopassus di masa lalu dinilai AS terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia, termasuk di Timor Timur. Beberapa orang di Kongres AS telah menentang untuk merangkul Kopassus terkait masa lalunya itu.

Amerika Serikat memutus hubungan dengan Kopassus tahun 1998 berdasarkan hukum AS yang melarang kerjasama dengan tentara asing yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia. Kopassus oleh AS dituduh melakukan pelanggaran di Timor Timur dan Aceh pada masa Presiden Soeharto tahun 1990-an.

Namun pemerintah Presiden Barack Obama, yang menghabiskan sebagian masa kecilnya di Indonesia, melihat Indonesia sebagai pemain yang semakin penting di Asia Timur dan sekutu penting di dunia Muslim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com