Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Pemberi Tahu Kematian

Kompas.com - 04/02/2010, 14:06 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Oscar, seekor kucing di sebuah rumah sakit rehabilitasi, memiliki keahlian khusus. Dia akan tidur di dekat pasien yang hendak menghadapi maut dan biasanya perkiraan Oscar tepat.

Sampai-sampai, Dr David Dosa menulis sebuah buku tentang pengalamannya bersama Oscar. Dosa pertama kali menyampaikan kemampuan Oscar dalam sebuah artikel di jurnal kedokteran New England, AS, pada 2007.

Dosa berharap bukunya yang bertajuk Pengalaman dengan Oscar: Talenta Luar Biasa pada Seekor Kucing Biasa dapat memberikan gambaran lebih baik bagi keluarga pasien berpenyakit kritis. Oscar kecil diadopsi dan dibesarkan sebagai ahli terapi di Rumah Perawatan dan Pusat Rehabilitasi di Providende, Rhode Island.

Rumah itu merawat orang yang sudah sakit parah. Sejauh ini Oscar telah mendeteksi 50 kematian dengan tepat.

Suatu kali, salah seorang perawat memaksanya duduk di bawah ranjang pasien yang dianggap gawat dan hendak meninggal, tetapi Oscar menolak dan pergi ke ranjang pasien lain. Benarlah, pasien yang dihampiri Oscar meninggal lebih dulu. Keluarga pasien berterima kasih kepada Oscar karena mereka lebih siap menghadapi kematian kerabat. (Reuters/AP/JOE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com