Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

120.000 Dollar AS untuk Kepala Shah Mehsud

Kompas.com - 27/11/2009, 05:57 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Pemerintah Pakistan telah membayar setara hampir 120.000 dollar AS untuk penangkapan seorang wakil komandan perang Taliban di negara itu sebelum perayaan Idul Adha, Kamis (26/11).

Ini untuk pertama kalinya Pakistan mengumumkan pembayaran hadiah sejak negara itu menawarkan 5 juta dollar AS untuk informasi yang menghasilkan penangkapan, tewas atau hidup, Hakimullah Mehsud dan 18 pengikutnya.

"Pasukan keamanan telah menangkap teroris yang dicari, yakni Abdullah Shah Mehsud. Untuk mendapatkan kepalanya, dihargai 10 juta rupe. Uang kepala itu telah dibayarkan pada informan," kata seorang pejabat militer.

Shah Mehsud adalah gerilyawan garis keras yang diburu sejak 2 November lalu. Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) telah dipersalahkan karena sejumlah serangan terburuknya yang menewaskan lebih dari 2.550 orang dalam gelombang pembunuhan dalam 29 bulan terakhir di Pakistan. Sekitar 2.000 tentara telah tewas memerangi gerilyawan sejak 2002.

Paramiliter dan tentara militer Pakistan sedang melancarkan serangan besar terhadap kubu pertahanan TTP di Waziristan Selatan, bagian dari daerah suku tempat para pejabat AS mengatakan bahwa gerilyawan Al Qaeda sedang merencanakan serangan terhadap Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com