Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Osama Rancang Serangan Baru, Obama Atur Strategi

Kompas.com - 27/03/2009, 11:26 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Osama bin Laden dan pemimpin inti Al Qaeda lain berencana melakukan serangan-serangan baru terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya dari tempat persembunyian mereka yang aman di Pakistan. Demikian peringatan seorang pejabat senior AS, Kamis (26/3).

Sementara itu, Presiden AS Barack Obama, Jumat, akan mengumumkan strategi baru untuk membongkar dan menundukkan Al Qaeda di tempat persembunyian mereka yang aman di Afganistan dan Pakistan.

AS secara serentak akan mengirimkan 4.000 tenaga pelatih militer, sebagai tambahan untuk 17.000 tentara yang telah dijanjikan, untuk membangun militer Afganistan dan ratusan petugas sipil serta pekerja pembangunan ke Afganistan.

"Ini adalah jelas, ringkas, tujuan yang bisa dicapai, dengan sasaran untuk mengacaukan, membongkar, dan mengalahkan Al Qaeda di tempat persembunyiannya yang aman di Afganistan dan Pakistan," kata pejabat itu, yang tak bersedia disebut jati dirinya kepada AFP.

Strategi itu juga akan menentukan ukuran yang jelas untuk menilai kinerja AS dan negara-negara sekutunya, baik di Pakistan maupun di Afganistan, agar bisa dikoreksi pelaksanaannya. Strategi baru tersebut diperlukan karena operasi-operasi yang dilakukan AS di Afganistan dan Pakistan telah ’terkatung-katung’ selama beberapa tahun terakhir.

"Tujuh setengah tahun setelah serangan 11 September, pemimpin inti Al Qaeda, Osama bin Laden dan lain-lainnya, telah berpindah-pindah dari Kandahar, Afganistan, dan ke suatu lokasi yang tak diketahui di Pakistan," kata salah seorang pejabat. "Dari suatu tempat di Pakistan, kami tahu bahwa mereka sedang merancang serangan-serangan baru terhadap AS, terhadap negara-negara sekutu kami, terhadap pasukan-pasukan kami di Afganistan, terhadap rekan-rekan kami di Pakistan," kata pejabat itu.       

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com