Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muslim Australia Diminta Bantu Korban Kebakaran

Kompas.com - 09/02/2009, 19:43 WIB

BRISBANE, SENIN — Badan kemanusiaan Muslim, Human Appeal International (HAI) Australia, mengimbau umat Muslim di negara itu ikut membantu korban bencana kebakaran semak belukar negara bagian Victoria. Hingga Senin (9/2) malam, insiden itu telah menewaskan 131 orang.
   
Keterangan yang dihimpun Antara di Brisbane pada Senin menyebutkan, HAI Australia meluncurkan upaya bantuan darurat kemanusiaan disebut Upaya Bantuan Kebakaran Semak Victoria bekerja sama dengan Dewan Islam Victoria (ICV).
   
Kedua lembaga itu menjanjikan dana bantuan awal 20.000 dollar Australia untuk membantu korban. Warga Muslim ingin menyalurkan bantuan melalui HAI dapat menghubungi HAi melalui telepon 1300760155.
   
Di seluruh Australia terdapat lebih dari 340.000 orang Islam. Mereka berasal dari beragam bangsa.
   
Kebakaran terburuk dalam sejarah Australia sejak 1983 itu tidak hanya menelan korban jiwa dan harta benda, tetapi juga menghancurkan sedikitnya 750 rumah dan 330.000 hektar hutan belukar. Jumlah korban diperkirakan terus meningkat.
   
Untuk meringankan beban korban, pemerintah pusat menyiapkan bantuan tunai melalui "Pemulihan Bencana Pemerintah Australia" masing-masing 1.000 dollar Ausralia bagi setiap warga berusia dewasa dan 400 dolar bagi setiap anak.
   
Korban antara lain ditemukan di daerah Kinglake, Kinglake West, St Andrews, Wandong, Callignee, Hazelwood, Jeeralang, Humevale, Bendigo, Upper Callignee, Long Gully, Strathewan, dan Arthurs Creek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com