Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Tahun Penampakan Maria kepada Bernadet Diperingati

Kompas.com - 11/02/2008, 23:07 WIB

VATICAN, SENIN- Sebuah tulang iga milik Bernadette Soubirous, Senin (11/2) ini dibawa ke Vatican untuk menandai dimulainya peringatan 150 tahun penampakan Bunda Maria kepada Bernadet di Lourdes, Perancis.

Relikwi itu diarak dalam sebuah prosesi yang sangat khidmat di jalan utama antara Sungai Tiber Roma dan Basilika Santo Petrus dengan dikawal 15 polisi Italia yang menunggang kuda putih.

Dalam tradisi Katolik, Santa Perawan Maria, bunda Yesus Kristus, menampakkan diri belasan kali kepada gadis kecil bernama Bernadette Soubirous pada tahun 1858 di lereng sebuah bukit sebuah kampung di Perancis Barat Daya yang bernama Lourdes. Bernadet sendiri kemudian menjadi biarawati dan meninggal pada usia 35 tahun (1879). Selanjutnya, Gereja melakukan penyelidikan kanonik pada tahun 1933 untuk menentukan sebagai orang kudus (santa).

Sepanjang tahun ini, peringatan 150 tahun penampakan terhadap Bernadet itu akan dilakukan di Lourdes. Peringatan dimulai Senin ini dengan sebuah misa agung yang dihadiri 50.000 umat. Misa juga dilaksanakan Senin sore di Basilika Santo Petrus.

Paus Benektus XVI sendiri merencanakan sebuah kunjungan ke Lourdes akhir tahun ini, tetapi waktunya belum ditetapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com