Duh... Kenapa "Septic Tank" Gampang Penuh!

Kompas.com - 02/07/2014, 13:50 WIB
Masalah septic tank penuh bisa diakibatkan oleh saluran air yang kurang baik. Idealnya, setiap septic tank memiliki saluran yang baik, entah menuju ke saluran air atau sumur resapan. www.shutterstock.comMasalah septic tank penuh bisa diakibatkan oleh saluran air yang kurang baik. Idealnya, setiap septic tank memiliki saluran yang baik, entah menuju ke saluran air atau sumur resapan.
EditorLatief
KOMPAS.com - Salah satu masalah yang terjadi pada septic tank adalah limbah di dalamnya penuh. Meskipun usianya baru seumur jagung, septic tank nyatanya sudah padat atau gampang penuh. Apa sebabnya?

Masalah septic tank penuh bisa diakibatkan oleh saluran air yang kurang baik. Idealnya, setiap septic tank memiliki saluran yang baik, entah menuju ke saluran air atau sumur resapan. Jika air tanah tinggi, limbah septic tank biasanya akan sulit disalurkan. Terlebih ketika musim hujan tiba, debit air di dalam tanah akan lebih tinggi sehingga daya serap limbah ke tanah berkurang.

Menurut Widijanto RMA, Ing. Arch, Deputi Director dari Dusaspun, produsen septic tank, benda-benda padat hasil kotoran manusia yang tidak tercerna sempurna pun dapat mengakibatkan septic tank penuh. Untuk mengatasi masalah ini, septic tank perlu dipompa oleh perusahaan jasa sedot limbah.

Untuk mengatasi masalah seperti itu, septic tank perlu dipompa oleh jasa sedot toilet. Akan tetapi, harus diperhatikan apakah debit air atau tekanan air di dalam tanah sedang tinggi atau tidak. Anda dapat juga dengan memasukkan obat penumbuh bakteri atau bibit bakteri yang dapat dibeli toko-toko swalayan atau bahan bangunan. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan kerja septic tank.

(SELVIA MARTIANI)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X