Kompas.com - 16/06/2013, 02:15 WIB
EditorErvan Hardoko

RIYADH, KOMPAS.com - Sebuah pengadilan Arab Saudi, Sabtu (15/6/2013), menjatuhkan hukuman 10 bulan penjara untuk dua perempuan Saudi.

Kesalahan kedua perempuan Saudi itu adalah membantu seorang perempuan Kanada yang ingin meninggalkan suaminya yang warga Saudi bersama anak-anaknya.

Pengadilan juga melarang Fawzia al-Ayuni dan Wajiha al-Huaider -nama kedua perempuan itu- meninggalkan Arab Saudi selama dua tahun. Demikian penjelasan aktivis HAM, Aql al-Bahli.

"Kedua perempuan itu dinyatakan bersalah sesuai Syariat Islam, karena membantu seorang perempuan mengingkari kepemimpinan suaminya," kata Al-Bahli.

Sebelum divonis, kedua perempuan ini ditahan selama 1,5 tahun setelah membantu seorang perempuan Kanada yang ingin melarikan diri dari Saudi bersama anak-anaknya setelah bertengkar dengan sang suami.

Foruk Hak-hak Sipil Teluk, sebuah organisasi pejuang HAM kawasan, mengungkapkan keprihatinannya terkait hukuman penjara terhadap kedua perempuan tersebut yang "mempertahankan hak-hak kemanusiaan".

Kelompok ini juga mendesak pemerintah Kanada untuk meminta pemerintah Arab Saudi agar membantu perempuan warga negaranya itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.