Kompas.com - 14/06/2013, 16:34 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com — Di mata publik dunia, Presiden Rusia Vladimir Putin adalah sosok yang sangat "macho". Mantan agen KGB ini kerap difoto menunggang kuda sambil bertelanjang dada, berenang menyeberangi sungai, atau berlatih menembak menggunakan senapan serbu.

Namun, Putin juga manusia dan punya kelemahan di antara sederet perilaku "macho" yang kerap diperlihatkannya.

Sebuah video muncul dan menampilkan Putin sedang berpidato dalam bahasa Inggris, sesuatu yang sangat jarang dia lakukan. Video ini menampilkan sisi lain sosok yang sangat berkuasa ini.

Berdiri di depan kamera, Putin terlihat tak nyaman dan canggung, sangat berbeda dengan penampilan penuh percaya dirinya saat berkuda atau berlatih karate.

Pidato berbahasa Inggris itu ditujukan kepada Biro Ekshibisi Internasional. Pidato ini adalah bagian dari upaya Putin membantu kota terbesar keempat Rusia, Yekaterinburg, menjadi tuan rumah Expo 2020.

Dalam sebagian besar masa pemerintahannya, Putin lebih memilih menggunakan bahasa Rusia dalam berbagai ajang di dalam dan luar negeri.

Di luar Rusia, Putin bahkan bersikukuh menggunakan bahasa ibunya seperti yang tercantum dalam protokol resmi.

Namun, dalam beberapa kesempatan, Putin "terpaksa" mengalah dan menggunakan bahasa Inggris. Salah satunya ialah saat dia mempresentasikan kesiapan Sochi menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin di hadapan IOC pada 2007 lalu.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X