Kompas.com - 09/06/2013, 06:41 WIB
EditorErvan Hardoko

BENGHAZI, KOMPAS.com - Sedikitnya 25 orang tewas dan 70 lainnya luka-luka dalam bentrokan di kota Benghazi, Libya, Sabtu (8/6/2013).

Bentrokan itu terjadi antara para pengunjuk rasa yang didukung pasukan pemerintah dan kelompok milisi yang beroperasi atas izin Kementerian Pertahanan.

Penduduk kota mengatakan puluhan pengunjuk rasa, beberapa di antara mereka bersenjata, berkumpul di luar markas milisi brigade Perisai Libya menuntut pembububaran milisi yang tak kunjung meletakkan senjata dua tahun setelah ambruknya kekuasaan Moammar Khadaffy.

Unjuk rasa itu kemudian berakhir dengan pertempuran selama beberapa jam. Akhirnya pasukan khusus pemerintah dikirim untuk mengendalikan situasi dan menguasai sejumlah lokasi. Dalam proses ini lima orang tentara tewas.

Seorang dokter di RS Al-Jalaa Benghazi mengatakan dia menghitung setidaknya 25 orang tewas dan 70 orang terluka akibat insiden itu.

Perlawanan terhadap milisi-milisi bersenjata di Libya meningkat beberapa bulan belakangan, khususnya setelah kelompok milisi itu mengepung sejumlah kementerian di ibu kota Tripoli untuk memaksakan kehendak mereka.

Namun pemerintah pusat yang militernya lemah, terpaksa bekerja sama atau memberi izin kelompok milisi terkuat untuk tetap beroperasi dan memberangus milisi yang lain.

"Warga memprotes karena yakin milisi akan mengganggu stabilitas Libya yang hanya bisa diciptakan jika Libya memiliki tentara dan polisi yang memadai," kata aktivis lokal, Ahmed Belashahr.

Pada September 2012, tak lama setelah serangan ke kantor konsulat AS di Benghazi, kota ini dilanda unjuk rasa besar-besaran warga yang menyatakan kemarahan mereka terhadap milisi-milisi bersenjata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.