Kompas.com - 30/05/2013, 18:41 WIB
EditorErvan Hardoko

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Kelompok Taliban Pakistan tak butuh waktu lama untuk mencari pengganti Wali-ur-Rehman, orang kedua kelompok itu yang tewas akibat serangan drone Amerika Serikat.

Pada Kamis (30/5/2013), Taliban Pakistan sudah memilih nama baru untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Wali-ur-Rehman.

Sejumlah sumber mengatakan, sebuah komite Taliban Pakistan mengadakan pertemuan pada Rabu (29/5/2013) malam untuk memilih tokoh baru setelah Wali-ur-Rehman dimakamkan dalam sebuah upacara yang sangat sederhana.

Komite pemilihan akhirnya menunjuk Khan Said (38) sebagai pengganti almarhum Wali-ur-Rehman. Sebelumnya, Said adalah tangah kanan kepercayaan Rehman.

Said terlibat dalam perencanaan serangan pangkalan angkatan laut Pakistan di Karachi pada 2011 yang menewaskan 18 orang.

"Prestasi" Khan Said lainnya adalah melakukan operasi pembobolan penjara pada 2012 yang mengakibatkan sekitar 400 orang anggota kelompok militan yang ditahan, kabur.

"Komite dengan suara bulat memilih Khan Said," kata seorang sumber di kelompok Taliban Pakistan.

Dalam serangan drone yang digelar Rabu (20/5/2013) di Waziristan Utara, Pakistan, menewaskan enam orang anggota militan, salah satunya adalah Wali-ur-Rehman, wakil komandan Taliban Pakistan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.