Kompas.com - 28/05/2013, 12:51 WIB
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan memerintahkan militer negerinya untuk memmbangun sebuah resor ski "kelas dunia".

Fasilitas resor ski ini akan menyaingi fasilitas olahraga musim dingin yang dibangun Korea Selatan untuk menggelar Olimpiade Musim Dingin 2018.

Belum lama ini, Kim Jong Un meninjau kawasan wisata ski di Masik Pass untuk memberikan arahan langsung di lapangan terkait pembangunan resor ski kelas dunia itu.

Resor ski impian Kim Jong Un itu nantinya akan memiliki rute ski untuk level pemula, menengah, hingga level mahir dalam jarak lebih dari 68 mil di lereng-lereng gunung itu.

Kantor berita Korea Utara KCNA mengatakan, nantinya resor itu akan memiliki sebuah hotel, kereta gantung, toko peralatan ski, dan landasan helikopter.

"(Kim) naik ke atas dek observasi untuk mendengarkan laporan rinci tentang pembangunan resor ski itu," demikian KCNA.

"Dia nampak sangat puas ketika mengetahui bahwa tentara mampu membangun sebuah resor di atas sebuah gunung yang mencakup ribuan meter persegi," tambah KCNA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kim juga mengatakan resor itu akan semakin indah jika tanahnya diselimuti salju. Dia kemudian memerintahkan tentara bekerja lebih cepat agar resor ini bisa dibuka pada musim dingin mendatang.

"Demam ski akan menjangkiti negeri kita," kata Kim Jong Un.

Lokasi wisata itu, tambah KCNA, terletak di jalan raya penghubung Pyongyang-Wonsan. Sementara, lapangan udara militer yang berlokasi tak jauh dari resor akan diubah menjadi bandara biasa untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan.

Tak hanya itu, Kim Jong Un juga memerintahkan produksi peralatan dan pakaian ski. Apalagi kini Korea Utara terkena sanki ekonomi dunia sehingga tak memungkinkan negeri itu melakukan proses impor.

Rencana pembangunan resor ski ini terpicu pembangunan kota Pyeongchang, Korea Selatan yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.