Kompas.com - 24/05/2013, 19:13 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIRUT, KOMPAS.com — Sedikitnya 23 orang tewas dalam bentrokan antara warga Suni dan Alawi di Tripoli, Lebanon, sejak kerusuhan itu pecah, Minggu (19/5/2013).

Hari paling berdarah adalah Kamis (23/5/2013) setelah 11 orang tewas dalam 24 jam. Demikian sumber keamanan Lebanon seperti dikutip AFP.

Selain korban tewas, 167 orang lainnya terluka akibat bentrokan warga Jabal Mohsen yang mayoritas Alawi dan warga Suni dari distrik Bab el-Tebbaneh.

Bentrokan berdarah di Tripoli sudah muncul secara sporadis sejak konflik Suriah pecah pada Maret 2011. Dalam setiap kerusuhan di Tripoli, warga kedua distrik itu yang paling sering terlibat.

Di luar kedua distrik itu, kehidupan kota Tripoli yang berpenduduk 500.000 orang itu berjalan normal. Namun, lalu lintas lebih lengang, sejumlah sekolah tutup, tetapi beberapa toko masih terlihat beroperasi seperti biasa.

Hal yang kontras terlihat di distrik Jabal Mohsen di Bab el-Tebbaneh. Di sini jalan-jalan lengang dan sejumlah warga memilih meninggalkan kediaman mereka untuk sementara.

Tentara Lebanon dikerahkan ke seluruh penjuru kota sejak kerusuhan pecah. Namun, kehadiran tentara dan pertemuan antara para tokoh kedua dengan pimpinan aparat keamanan tidak berhasil meredam bentrokan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Jumat (24/5/2013) pagi, bentrokan sudah mulai berkurang. Akan tetapi, belum diketahui apakah berkurangnya perkelahian ini adalah pertanda kondisi sudah kembali normal atau hanya jeda sejenak sebelum perkelahian dilanjutkan di sore hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.