Kompas.com - 20/05/2013, 14:59 WIB
EditorEgidius Patnistik

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) telah menembakkan sebuah rudal jarak pendek lagi ke Laut Jepang, Senin (20/5). Itu merupakan yang terbaru dalam serangkaian latihan penembakan rudal yang telah dikecam oleh Korea Selatan (Korsel) dan Sekjen PBB, Ban Ki-moon.

Tembakan rudal terbaru itu, yang merupakan yang kelima dalam tiga hari, telah dikonfirmasi oleh juru bicara Kepala Staf Gabungan Korsel, yang mengatakan bahwa tidak jelas apakah Korut sedang menguji rudal atau roket dari beberapa peluncur. "Kami masih memeriksa informasi yang tepat dari tes ini," kata juru bicara itu.

Korut menembakkan tiga rudal jarak pendek di lepas pantai timurnya pada Sabtu dan satu lagi pada Minggu, yang diduga sebagai bagian dari latihan militer. Latihan seperti itu tidak biasa tetapi hal tersebut terjadi saat ketegangan militer sedang membara di semenanjung Korea.

Korea Selatan menyebut uji coba rudal pada akhir pekan itu "tercela" dan "Provokatif", sementara Sekjen PBB Ban Ki-moon telah mendesak Pyongyang untuk menahan diri dari peluncuran lebih lanjut. "Sudah saatnya bagi mereka untuk melanjutkan dialog dan menurunkan ketegangan," kata Ban di Moskwa.

Setelah uji coba nuklir Korut pada Februari dan sanksi lanjutan PBB, ketegangan meningkat tajam ketika Pyongyang melontarkan ancaman hampir setiap hari tentang pembalasan terhadap Korsel dan Amerika Serikat.

Walau situasi telah sedikit tenang dalam beberapa pekan terakhir, Pyongyang terus mengecam serangkaian latihan militer bersama Korsel-AS yang dianggap Korut sebagai gladi bersi untuk sebuah invasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.