Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacers dan Grizzlies Unggul 2-1

Kompas.com - 13/05/2013, 03:25 WIB

Indianapolis, Sabtu - Indiana Pacers dan Memphis Grizzlies meraih hasil positif pada laga play off kompetisi basket profesional Amerika Serikat babak semifinal wilayah, Sabtu (11/5), yang membuat kedua tim sementara unggul 2-1. Pacers menaklukkan tamunya, New York Knicks, 82-71 di Stadion Bankers Life Fieldhouse, Indianapolis. Sementara tim ”Beruang Coklat” Grizzlies juga melumpuhkan tamunya, Oklahoma City Thunder, 87-81 di Stadion FedExForum, Memphis. Kemenangan Pacers dan Grizzlies adalah kejutan akhir pekan karena kualitas kedua tim tersebut belumlah setangguh lawannya.

Pacers ataupun Knicks bermain bertahan sehingga memperkecil peluang mencetak angka. Dalam kebuntuan, center Pacers Roy Hibbert menjadi pengumpul angka terbanyak sekaligus membukukan double- double dengan 24 angka dan 12 rebound. Forward-center Paul George juga punya andil dengan meraih 14 angka, 8 rebound, dan 8 asis atau nyaris mencetak triple double.

Permainan Pacers malam itu memang layak mendapat pujian. Permainan defensif dan jumlah rebound yang tinggi menjadi kunci kemenangan tuan rumah. Pacers, yang merupakan tim NBA dengan catatan rebound terbanyak, melakukan 53 rebound, sementara Knicks hanya 40.

Pertahanan Pacers telah membuat pemain Knicks mati kutu. Efektivitas tembakan Knicks menurun dan semakin diperparah dengan minimnya jumlah lemparan tiga angka. Hanya tiga lemparan yang tepat sasaran dari 11 upaya. Sebaliknya, Pacers mampu mencetak 10 lemparan tiga angka dari 33 upaya.

”Begitulah cara kami bermain basket. Kami mengunci lawan dan meningkatkan kerja sama dalam pertahanan,” kata Paul George.

Merasa frustrasi akibat dikunci oleh Pacers, pemain Knicks tidak banyak mencetak angka. Hanya sang bintang Carmelo Anthony yang mencetak 21 angka dan lima rebound. Pemain lainnya tidak ada yang mencetak angka sampai dua digit.

Pelatih Knicks Mike Woodson menuturkan, kedua tim bermain buruk karena hanya mengandalkan pada pertahanan.

Unggul di kandang

Memphis Grizzlies memperpanjang rekor tidak terkalahkan di kandang dengan menundukkan finalis NBA musim lalu, Oklahoma City Thunder. Laga tersebut diwarnai dengan kejar-mengejar angka. Kedua tim saling menyamakan kedudukan, 14-14, 16-16, 38-38, 40-40, 50-50, dan terakhir 81-81. Marc Gasol dan Mike Conley menghabisi ”Guntur” Oklahoma dengan enam poin dari lemparan bebas satu menit sebelum laga berakhir.

Menurut pelatih Grizzlies Lionel Hollins, kemenangan atas tim kuat seperti Thunder merupakan sebuah kebanggaan. ”Kami berusaha memenangi semua laga di kandang. Kami sudah berjalan begitu jauh, sekarang kami tidak mau gagal,” ujarnya.

Forward Thunder Kevin Durant mencetak 25 angka dan 11 rebound. Namun, ia hanya mencetak dua angka pada kuarter keempat. ”Kekalahan ini membuat kami frustrasi, tetapi kami tidak boleh menyerah. Kami harus belajar dari kekalahan ini. Saya percaya kepada teman-teman saya,” katanya. (AP/WAD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com