Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Sultan Sulu Nikahi Perwira AD Filipina

Kompas.com - 30/04/2013, 17:24 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Anda masih ingat dengan Sultan Sulu Jamalul Kiram III yang beberapa waktu lalu mengirim pasukannya untuk merebut Sabah?

Kegagalan upayanya merebut Sabah ternyata tak membuat sang Sultan terlalu lama meratapi kegagalan tersebut.

Belum lama ini, Sultan Sulu menikahkan putrinya, Jacel Kiram (35), dengan kekasihnya seorang perwira Angkatan Darat Filipina, Mayor Mohammad Yusuf Hassan.

Pernikahan putri sulung Jamalul Kiram dari istri keduanya, Fatima Cellah, itu dilangsungkan dengan sangat sederhana dan hanya mengundang kerabat dan keluarga terdekat.

Bahkan, Jacel terlihat tak ingin publik mengetahui siapa calon suaminya. Nama mempelai pria baru diketahui beberapa jam sebelum pernikahan digelar.

"Katakan saja dia orang Tausug, seorang pejuang dari Sulu," kata Jacel kepada harian The Philippine Star.

Pernikahan itu dilangsungkan sangat sederhana, kata Jacel, untuk menghormati para pejuang Kesultanan Sulu yang tewas dalam pertempuran dengan pasukan Malaysia di Lahad Datu, Sabah.

"Kami sadar bahwa keluarga dari para prajurit Sulu yang tewas masih berduka karena insiden itu," kata dia.

"Namun, kami sudah mempersiapkan pernikahan ini jauh sebelum konflik di Sabah terjadi dan kami memutuskan tetap melangsungkan pernikahan karena menurut para tetua tak baik menunda pernikahan terlalu lama," tambah Jacel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com