Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumen Rahasia Ungkap Percakapan "Kotor" Astronot Apollo

Kompas.com - 10/04/2013, 11:52 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Dokumen rahasia yang dirilis baru-baru ini mengungkap transkrip percakapan para astronot misi Apollo 10 NASA. Dari dokumen itu, diketahui bahwa para astronot di masa lalu sempat menghadapi masalah soal kotoran dan toilet.

Transkrip memuat percakapan antara astronot Thomas Stafford, John Young, dan Eugen Cernan. Misi Apollo 10 sendiri adalah misi berawak keempat dalam program Apollo, di antaranya bertujuan mempersiapkan misi Apollo 11 untuk mendarat di Bulan.

Percakapan seperti dituliskan dalam dokumen dimulai ketika Stafford meminta kain lap segera. Ia melihat adanya kotoran yang melayang di dalam pesawat antariksa. Percakapan berlanjut dengan keributan kecil ketika para astronot saling menyangkal telah membuang kotoran itu.

"Saya tak melakukannya (membuang kotoran). Itu bukan kotoran saya," kata Young. Sementara Stafford mengatakan, "Kotoran saya sedikit lebih lengket dari itu. Buang kotoran itu. Cernan pun berkomentar, "Well, kalau itu milik saya, saya pasti tahu saya berjongkok di lantai."

The lengthy transcript exposes difficulties with floating turds in the cockpit and gives an insight into the need for unusual napkin use

 

The troubles are first mentioned by the Commander (CDR), Mr Stafford, who said: 'Give me a napkin quick. There's a turd floating through the air'

 

The transcript goes on to show how the problem kept reoccurring

 

Masalah ke toilet boleh jadi persoalan kecil, menjijikkan, dan remeh-temeh bagi manusia di Bumi. Namun, bagi para astronot yang menghabiskan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan di antariksa, urusan buang hajat jadi urusan besar.

Masalah kecil yang dihadapi dalam misi Apollo 10 itu menjadi gambaran bahwa masalah toilet bisa menjadi sumber masalah di luar angkasa. Kotoran bisa melayang tak terkendali. Astronot sulit berkonsentrasi dengan misinya.

Mantan Komando International Space Station, Suni Williams, mengungkap bagaimana toilet di luar angkasa menjawab permasalahan itu. Toilet dilengkapi dengan pengisap sehingga membantu kotoran terbuang tepat ke penampung.

Sementara itu, toilet astronot juga dilengkapi dengan serbet, sarung tangan, dan lap dengan disinfektan sebagai cadangan bila ada masalah-masalah tak terkendali terkait dengan kotoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com