Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekspedisi NKRI 2013 Bagikan Masker Pada Warga Terdampak Abu Lokon

Kompas.com - 10/04/2013, 05:53 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -- Tim Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi Subkorwil Minahasa membagikan masker kepada warga Ranotongkor, Kecamatan Tombariri, Minahasa yang terkena dampak semburan abu vulkanis Gunung Lokon, Selasa (9/4/2013). Kecamatan Tombariri merupakan wilayah yang terkena dampak letusan Gunung Lokon yang dua meletus, Senin (8/4/2013).

"Pembagian masker ini dilakukan untuk mencegah penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang bisa menyerang warga karena menghirup abu vulkanik," ujar Bagian Penerangan Ekspedisi Subkorwil Minahasa, Kapten Caj Thomas Barus. Menurut Barus kegiatan tersebut dilakukan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat serta melibatkan pula Tim dari Basarnas.

Pembagian masker tersebut juga diberikan kepada pengendara kendaraan bermotor yang melintasi daerah terkena dampak letusan Gunung Lokon. Warga yang menyambut gembira pembagian masker itu. 

Pada Senin (8/4/2013) Gunung Lokon di Kota Tomohon meletus dengan mengeluarkan abu setinggi kurang lebih 2.000 meter. Abu vulkanis tersebut tertiup angin ke arah Selatan Barat Daya. Hingga kini Gunung Lokon tetap dalam status siaga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com