Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokon Meletus, Abu Menyembur Setinggi Tiga Kilometer

Kompas.com - 08/04/2013, 11:42 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Suara gemuruh yang kuat menyertai letusan Gunung Api Lokon di Kota Tomohon, Senin (8/4/2013). Suara letusan yang terjadi pada pukul 09.57 Wita ini terdengar hingga ke Pos Pemantau Lokon yang berjarak sekitar enam kilometer dari titik letusan.

"Kolom abu letusan yang teramati setinggi sekitar tiga kilometer dari Kawah Tompaluan dan berwarna putih kelabu tebal. Material letusan Lokon tertiup angin ke arah selatan barat daya dari Kawah Tompaluan," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono.

Letusan Lokon ini sudah diprediksi sebelumnya. Sebab, sejak tengah malam hingga pagi tadi aktivitas vulkanis Lokon terus terekam pada alat seismograf yang ada di Pos Pemantau.

Sementara itu, Danramil Kota Tomohon Kapten Ahmad Nurdin mengatakan, walau telah terjadi letusan dua kali sejak tadi malam, kondisi warga di sekitar Gunung Lokon masih kondusif. "Anggota kami tetap siaga untuk mengantisipasi dampak letusan atau letusan susulan jika diperlukan," ujar Ahmad Nurdin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com