Kompas.com - 21/03/2013, 13:39 WIB
EditorErvan Hardoko

JERUSALEM, KOMPAS.com - Dua roket yang ditembakkan Hamas dari Jalur Gaza menghantam Israel selatan, Kamis (21/3/2013), saat kunjungan Presiden AS Barack Obama.

"Satu roket meledak di halaman belakang rumah warga di kota Sderot dan roket kedua mendarat di sebuah ladang," kata juru bicara Kepolisian Israel, Mickey Rosenfeld.

Sderot adalah kota yang sangat dekat dengan perbatasan Gaza dan pernah dikunjungi Presiden Obama pada 2008 lalu.

Obama tiba di Israel pada Rabu (20/3/2013), untuk kunjungan pertamanya sejak terpilih kembali menjadi presiden AS untuk masa jabatan kedua. Obama dijadwalkan mengunjungi Ramallah, Tepi Barat pada Kamis ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Serangan ini adalah yang kedua sejak konflik berdarah delapan hari antara Israel dan Hamas pada November tahun lalu, yang berakhir dengan gencatan senjata yang disponsori Mesir.

Pada 26 Februari, Hamas menembakkan sebuah roket yang mendarat di dekat kota pesisir Ashkelon. Hamas mengklaim serangan itu adalah bentuk protes atas tewasnya seorang tahanan Palestina di penjara Israel.

Dalam konflik delapan hari pada November lalu, yang menewaskan 177 orang Palestina dan enam warga Israel, sebanyak 933 roket menghantam Israel, sedangkan 421 roket lainnya berhasil dicegat di udara dengan sistem anti-misil Iron Dome yang didanai AS.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.