Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Selamatkan 136 Orang Pengungsi Rohingya

Kompas.com - 11/03/2013, 13:07 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Pemerintah Malaysia, Senin (11/3/2013), menyelamatkan sedikitnya 136 Muslim Rohingya di perairan Malaysia yang menggunakan perahu bocor tanpa bekal makanan dan minuman.

Penyelamatan ini membuat jumlah perahu pengungsi Rohingya yang "dicegat" pemerintah Malaysia menjadi 11 buah dan membuat jumlah pengungsi di Malaysia meningkat cukup signifikan. Demikian penjelasan Tan Kok Kwee dari Badan Maritim Malaysia.

Perahu pengungsi Rohingya ini diselamatkan di Negara Bagian Penang, dan mengangkut 90 orang dewasa dan 40 anak-anak, termasuk 10 bayi berusia di bawah satu tahun.

"Kami masih menunggu jumlah penumpang perahu secara tepat," kata Tan.

"Para pengungsi mengatakan mereka sudah berada di laut selama 25 hari dan mereka kehabisan perbekalan," tambah Tan.

Gelombang kekerasan yang terjadi di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, tahun lalu membuat gelombang manusia perahu meningkat. Malaysia yang mayoritas penduduknya beragama Islam memang menjadi salah satu tujuan pengungsi Rohingya.

Menurut catatan PBB, hingga Januari lalu, sebanyak 13.000 pengungsi, sebagian besar di antaranya etnis Rohingya, meninggalkan Myanmar menuju Banglades. Ratusan orang di antaranya tewas dalam perjalanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com