Kompas.com - 05/03/2013, 20:16 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Korban ledakan gas di kampung Pluis RT 08/06 Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dirujuk ke RS Pelni, Palmerah, Jakarta Barat. Mereka menderita luka bakar tingkat dua.

Sesaat setelah terkena api dari tabung gas yang meledak, mereka dibawa ke rumah sakit Patria IKKT, Kelurahan Kemanggisan, Palmerah. Namun karena peralatan tak memadai, mereka dirujuk ke rumah sakit lain.

"Mereka disebar perawatannya karena kalau luka bakar kan harus menggunakan ruang isolasi," kata Eli, salah satu petugas jaga Unit Gawat Darurat RS Patria IKKT RS tersebut pada Selasa (5/3/2013).

Menurut Eli, mayoritas korban luka bakar terkena di bagian kaki kiri, tangan kiri, lengan kiri dan kanan, serta wajah. Mereka terkena luka bakar grade dua atau bisa dikatakan terbakar sekitar 15 persen dari tubuhnya.

Petugas rumah sakit tersebut mengatakan, dari ketigabelas korban, ada 5 orang yang diperbolehkan pulang. Tetapi dua di antaranya tetap meminta perawatan rumah sakit karena tidak tahan dengan nyeri luka bakarnya. Sedangkan sisanya disebar ke rumah sakit Mintoharjo, Pelni, dan RS Patria.

"Alat di sini kurang banyak. Pasien yang terkena luka bakar harus diisolasi untuk menghindari bakteri agar tidak infeksi. Makanya kita rujuk ke RS lain," kata Eli.

Eli melanjutkan, warga yang mengalami luka bakar ada yang memiliki hubungan keluarga. Dalam satu keluarga terdapat 3 anggota yang menjadi korban ledakan gas tersebut. Mereka dirawat di rumah sakit Pelni agar mendapat perawatan intensif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

13 orang menjadi korban terkena luka bakar adalah Sukardi (38), Tumiyem (42), Parinah (40) yang punya tabung gas, Fitri Komariah (13), Wiwien (44), Dahliah (45), Partih(43), Sukiem, Karsiyam, Komariah (12), Sukarti (45), Sukini (45) dan Bunga (1).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.