Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Al-Qaeda Afrika Utara Dikabarkan Tewas

Kompas.com - 01/03/2013, 20:20 WIB

ALGIER, KOMPAS.com - Pemerintah Aljazair melakukan tes DNA untuk memastikan kabar tewasnya seorang tokoh senior Al-Qaeda, Abu Zeid, dalam pertempuran di wilayah utara Mali. Demikian laporan harian El Khabar, Jumat (1/3/2013).

"Aparat keamanan sedang membandingkan DNA yang diambil dari dua kerabat terdekat Abu Zeid dengan contoh DNA dari jasad yang dikirim pasukan Perancis di Mali," ujar harian itu.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Perancis Najat Vallaud-Belkacem mengatakan kematian Abdelhamid Abu Zeid, pimpinan Al-Qaeda di kawasan Magribi, masih menunggu konfirmasi.

"Pasukan Perancis terlibat dalam sebuah operasi yang berat. Saya kira kita harus berhati-hati menanggapi berita seperti ini," kata dia kepada stasiun televisi France 2.

Sedangkan seorang sumber yang dekat dengan Presiden Francois Hollande mengatakan yang berhak mengkonfirmasi identitas jasad yang diduga Abu Zeid itu adalah pemerintah Mali.

"Kita berada di wilayah Mali. Dan itu terserah pemerintah Mali untuk mengidentifikasi orang yang menjadi target operasi militer," ujar sumber tersebut.

Pada Kamis (28/2/2013), stasiun televisi Aljazair, Ennahar, mengabarkan bahwa Abu Zeid (46) yang nama aslinya adalah Mohamed Gebir tewas di wilayah utara Mali bersama 40 orang anak buahnya.

Pengadilan Aljazair tahun lalu menyidangkan Abu Zeid secara in absentia dan menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup karena terbukti membentuk sebuah kelompok bersenjata yang terkait penculikan turis asing pada 2003.

Lima anggota keluarga Abu Zeid kini menjalani hukuman masing-masing 10 tahun penjara di Aljazair.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com