Kompas.com - 27/02/2013, 19:29 WIB
EditorErvan Hardoko

BAMAKO, KOMPAS.com - Seorang pengebom bunuh diri menabrakkan mobilnya yang penuh bahan peledak ke sebuah pos pemeriksaan di kota Kidal, wilayah utara Mali, Rabu (27/2/2013), menewaskan enam orang.

Penyerang menabrakkan mobilnya ke sebuah pos pemeriksaan yang dijaga  separatis Tuareg yang memilih bersekutu dengan Perancis dan Pemerintah Mali memerangi para pemberontak Islam.

"Serangan bom bunuh diri di pos pemeriksaan di Kidal dilakukan anggota MNLA (Gerakan Nasional Pembebasan Azawad)," kata seorang pejabat militer Perancis di kota Gao.

Sementara, sumber di rumah sakit menyebut korban tewas mencapai tujuh orang, termasuk pelaku, dan 11 orang lainnya terluka.

Gerakan Islam Azawd (MIA), sebuah kelompok bersenjata lain, mengatakan para pejuangnya juga tengah bertugas di pos pemeriksaan yang diserang itu.

"Pengebom bunuh diri yang melakukan ini," kata Alghabass Ag Intalla, yang kelompoknya membelot dari kelompok Ansar Dine yang terkait Al-Qaeda.

"Mereka melawan kami dan melawan pasukan Perancis," tambah Intalla.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan seorang pejabat lokal yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan serangan itu terjadi di jalan raya yang menghubungkan Kidal dan Menaka.

"Semua orang di Kidal kini ketakutan. Bom bunuh diri kini terjadi di pusat kota Kidal. Ini sangat menakutkan, kami tak tahu berapa banyak lagi bom mobil akan terjadi," kata pejabat itu.

Kidal yang berjarak 1.530 km sebelah utara ibu kota Mali, Bamako terletak di dekat dataran tinggi Ifogha yang diyakini menjadi tempat persembunyian para pejuang Al-Qaeda setelah mereka dipukul mundur pasukan Perancis dari kota Kidal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.