Kompas.com - 07/02/2013, 15:26 WIB
EditorErvan Hardoko

KAIRO, KOMPAS.com — Kebiasaan lama memang susah hilang, apalagi jika menyangkut nama seorang pemimpin yang lama berkuasa di salah satu negara.

Hal itu menimpa Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam pidatonya dalam salah satu sesi KTT Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Kairo, Mesir, Rabu (6/2/2013).

Dalam pidato yang disiarkan televisi Mesir itu, Abbas nyaris mengucapkan salam kepada Hosni Mubarak, yang sudah terguling. Akibatnya, Abbas harus berhenti sejenak di pertengahan pidatonya.

"Pertama izinkan saya mengucapkan salam kepada Presiden Mohamed Hos... Mohamed Morsi, Presiden Republik Arab Mesir," ujar Abbas yang menyadari dia hampir saja membuat kesalahan diplomatik.

Saat Abbas memimpin salah satu sesi rapat, dia kembali salah menyebut salah satu pemimpin negara Afrika Utara, Maroko.
Abbas mengucapkan terima kasihnya kepada Raja Mohammed V.

"Mohammed VI, Tuan Presiden, Mohammed V sudah lama meninggal dunia," kata Perdana Menteri Maroko Abdelilah Benkirane, mengoreksi kesalahan Abbas.

Raja Mohamed V sudah meninggal dunia pada 1961.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.