Kompas.com - 06/02/2013, 08:07 WIB
EditorEgidius Patnistik

KOMPAS.com — Pengeboman bunuh diri yang menewaskan lima warga Israel dan seorang sopir bus di Bulgaria pada Juli 2012 merupakan aksi kelompok militan Lebanon, Hisbullah.

Menteri Dalam Negeri Bulgaria Tsvetan Tsvetanov mengatakan, dua orang yang mempunyai hubungan dengan Hisbullah terlibat dalam serangan bom di kawasan wisata Burgas.

"Kami menemukan bahwa dua individu itu adalah anggota sayap militan Hisbullah," kata Tsvetan Tsvetanov ketika mengumumkan hasil penyelidikan di Sofia pada Selasa (5/1).

"Ada data yang menunjukkan keuangan dan hubungan antara Hisbullah dan kedua tersangka," tambahnya.

Paspor asli

Pengumuman ini dikeluarkan setelah tim penyelidik menyampaikan hasil penyelidikan selama enam bulan kepada Dewan Keamanan Nasional Bulgaria. Pelaku pengeboman tewas dalam aksinya di lokasi kejadian. Dia adalah bagian dari kelompok yang juga meliputi dua orang yang dijadikan tersangka.

Kedua tersangka yang belum ditangkap ini diketahui menggunakan paspor asli dari Australia dan Kanada. Mereka diyakini tiba di Burgas satu bulan sebelum melancarkan aksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejauh ini Hisbullah belum menanggapi hasil penyelidikan di Bulgaria, tetapi gerakan tersebut sebelumnya membantah terlibat. Pengeboman di Burgas tercatat sebagai salah satu serangan paling mematikan terhadap warga Israel di luar negeri sejak tahun 2004.

Serangan bom juga menewaskan seorang sopir warga Bulgaria dan melukai puluhan orang lainnya. Israel menuding Iran berada di balik serangan, tetapi Teheran membatah keras tudingan itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.