Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejaksaan Iran Tahan Eks Jaksa Pro-Ahmadinejad

Kompas.com - 05/02/2013, 14:56 WIB

TEHERAN, KOMPAS. com — Kejaksaan Agung Iran menahan Saeed Mortazavi, seorang mantan jaksa yang terkait kematian pengunjuk rasa antipemerintah. Demikian pernyataan kantor Kejaksaan Agung Teheran, Selasa (5/2/2013).

"Kejaksaan Teheran mengumumkan bahwa Saeed Mortazavi telah ditahan," demikian pernyataan resmi kantor Kejaksaan Teheran.

Kantor berita Fars mengabarkan Mortazavi kemudian dibawa ke penjara Evin sambil menambahkan Mortazavi ditangkap saat pulang bekerja.

Sejauh ini, belum dijelaskan alasan penahanan Mortazavi, yang memainkan peranan penting dalam mengakhiri perbedaan pendapat saat Presiden Mahmoud Ahmadinejad terpilih kembali pada 2009. Organisasi pembela HAM, Human Right Watch, menjuluki Mortazavi sebagai "pelanggar HAM berantai".

Diduga, peran Mortazavi di saat timbul perselisihan antara Presiden Ahmadinejad dan Ketua Parlemen Ali Larijanilah menyebabkan penahanan Mortazavi.

Mortazavi diberhentikan dari jabatannya sebagai jaksa terkait kematian tiga pengunjuk rasa setelah pemilihan presiden 2009, yang oleh kelompok oposisi dianggap penuh kecurangan dan dilaksanakan sesuai kehendak Ahmadinejad.

Fars melaporkan penahanan ini kemungkinan besar terkait peran Mortazavi dalam kematian tiga pengunjuk rasa itu. Juru bicara pengadilan Iran, Gholamhossein Mohseni-Ejei, sebelumnya mengatakan pengadilan akan menyidangkan kasus itu pada Maret mendatang.

Namun, nama Mortazavi juga muncul dalam masalah lain pada Minggu (3/2/2013) ketika Ahmadinejad menuding keluarga Ali Larijani melakukan korupsi.

Dalam pidatonya, Ahmadinejad memutar rekaman yang berisi pertemuan antara saudara laki-laki Ali Larijani, Fazel, dan Mortazavi. Dalam pertemuan itu, Fazel diyakini berusaha untuk menggunakan pengaruh politik keluarganya demi keuntungan pribadi.

Fazel dan Ali Larijani membantah tudingan itu. Fazel kemudian berencana memasukkan gugatan resmi melawan Ahmadinejad dan Mortazavi. Sementara itu, Mahkamah Agung Iran diketuai Sadeq Larijani yang adalah saudara Fazel dan Ali Larijani.

Muncul dugaan penahanan Mortazavi juga terkait dengan perselisihan politik Ahmadinejad dan Ali Larijani.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com