Kompas.com - 03/02/2013, 00:55 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Pemerintah Iran, Sabtu (2/2/2013), mengungkap pesawat terbang siluman buatan militer negeri itu yang diklaim bisa "menghilang" dari layar radar.

Pesawat terbang satu awak itu dinamai Qaher F313. Pesawat ini adalah rancangan terbaru militer Iran sejak meluncurkan pesawat Azarakh atau Kilat pada 2007.

Presiden Mahmoud Ahmadinejad menyebut Qaher F313 memiliki semua fitur positif untuk menjadi pesawat jet tempur paling canggih di dunia.

"Pengembangan militer Iran adalah untuk keperluan menangkis serangan musuh dan untuk membela diri," kata Ahmadinejad.

Saat menghadiri upacara peresmian di sebuah hangar di Teheran, Ahmadinejad menilai pesawat ini adalah salah satu pesawat jet paling mutakhir di dunia.

Sejumlah foto Qaher F313 dirilis stasiun televisi pemerintah menampilkan sebuah pesawat berwarna abu-abu yang disebut Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi dibangun dengan "bahan-bahan tercanggih" dan sangat sulit dideteksi radar.

Peluncuran pesawat tempur baru ini bertepatan dengan peringatan ke-34 Revolusi Islam Iran 1979 yang menggulingkan Shah Iran yang didukung Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.