Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menentang Obama demi Pistol

Kompas.com - 19/01/2013, 23:25 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sebagaimana diduga, proposal Presiden AS Barack Obama soal pengawasan ketat kepemilikan senjata api menuai tentangan. Mereka yang sepakat agar kepemilikan senjata api menjadi hal lazim sebagaimana saat kini melakukan unjuk rasa di 49 negara bagian. Warta AP pada Sabtu (19/1/2013) menunjukkan para penentang proposal Obama ini tergabung dalam kelompok yang dikenal dengan nama Senjata-senjata di Seluruh Amerika. Pentolannya, Eric Reed seorang pilot asal Texas.

Perkara senjata api memang mengemuka usai kekerasan bersenjata di sebuah sekolah dasar Sandy Hook, Newton, Connecticut sebulan silam. Insiden itu membunuh 20 bocah dan 6 orang dewasa.

Perdebatan memang muncul di berbagai negara bagian. New York yang memang sudah menerapkan kontrol ketat kepemilikan bersenjata makin memperluas pengawasan itu. Kebijakan pemerintah New York itu mulai diberlakukan sejak Selasa (15/1/2013).

Presiden Barack Obama dengan proposalnya itu mendapat tentangan semisal dari Asosiasi Pemilik Senjata. Menurut mereka, kepemilikan senjata sudah diatur dalam undang-undang.

Reed sendiri, usai mendengarkan pandangan Obama mengatakan unjuk rasa adalah pesan bagi Washington untuk memberikan perhatian soal perdebatan itu. Menurut Reed yang kini berusia 38 tahun ini mengatakan mengerahkan 18.000 pendukung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com