Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Militer Tewaskan Tiga Warga Sipil Kachin

Kompas.com - 15/01/2013, 02:19 WIB

LAIZA, SENIN - Serangan artileri bertubi-tubi oleh militer Myanmar ke Laiza, kota basis perlawanan pemberontak etnis Kachin di perbatasan Myanmar-China, menewaskan tiga warga sipil, Senin (14/1). Salah satu korban adalah remaja berusia 15 tahun.

Hal itu disampaikan Kolonel James Lum Dau, juru bicara sayap politik Pasukan Kemerdekaan Kachin (KIA), Senin (14/1). Korban tewas lainnya pria berusia 76 tahun.

Menurut Dau, serangan ini adalah yang pertama kali dilakukan terhadap kota Laiza. Selain tiga orang tewas, empat lainnya dilaporkan terluka.

Sejak bulan lalu, pertempuran antara kedua belah pihak kembali pecah. Militer Myanmar bahkan dikabarkan mengerahkan helikopter dan jet tempur untuk menyerang lokasi-lokasi perlawanan Kachin.

Akhir pekan lalu, pihak KIA mengklaim berhasil menembak jatuh salah satu helikopter militer Myanmar.

Akan tetapi, klaim itu dibantah Pemerintah Myanmar dengan mengatakan helikopter itu jatuh akibat kerusakan mesin dan menewaskan sedikitnya tiga personel militer.

Bantah sasar sipil

Sementara itu, juru bicara kepresidenan Myanmar, Ye Htut, mengaku belum menerima informasi terkait serangan ke Laiza. Dia menegaskan militer Myanmar tidak akan pernah ”dengan sengaja” mengarahkan serangannya terhadap warga sipil.

”Kami tidak tahu di mana posisi para korban tewas saat kejadian. Akan tetapi, yang pasti kami tidak akan menyerang atau menembaki warga sipil,” tuturnya.

Menurut kesaksian salah satu personel KIA yang berada di lokasi kejadian, salah satu peluru artileri jatuh dan meledak tidak jauh dari sekumpulan orang yang tengah menghangatkan diri di sekitar api unggun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com